Dinas P3AP2KB Pringsewu
images

DINAS P3AP2KB PRINGSEWU GELAR PERENCANAAN PENGENDALIAN PENDUDUK

PRINGSEWU – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Pringsewu menggelar kegiatan Perencanaan Pengendalian Penduduk Kabupaten Pringsewu. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H. di aula Bappeda Kabupaten Pringsewu, Senin (4/3), dihadiri perwakilan sejumlah OPD terkait di lingkungan Pemkab Pringsewu, diantaranya Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Narasumber yang dihadirkan adalah Hadi Santosa, M.Pd. akademisi STKIP Muhammadiyah Pringsewu yang juga anggota Koalisi Kependudukan Kabupaten Pringsewu, dengan materi yang diangkat ‘Strategi dan Implementasi Pembangunan Berwawasan Kependudukan’.

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H. dalam sambutannya mengatakan paradigma ‘Pembangunan Berwawasan Kependudukan’ serta ‘Pembangunan Berwawasan Kependudukan yang Berkelanjutan’ telah menjadi prinsip yang akan dikembangkan, terutama di Kabupaten Pringsewu. “Oleh karena itu, diperlukan suatu rencana besar yang memuat kebijakan operasional, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, sehingga Kabupaten Pringsewu perlu mempunyai dokumen perencanaan kependudukan, sehingga arah dan target pengendalian kuantitas penduduk akan menjadi pilar utama. Terlebih saat ini Kabupaten Pringsewu belum mempunyai grand design pembangunan kependudukan”, katanya.

Nazri berharap melalui kegiatan ini dapat terbentuk tim koordinasi penyusunan grand design pembangunan kependudukan di Kabupaten Pringsewu.

(© Dinas P3AP2KB / Anna Apollonia)