Dinas P3AP2KB Pringsewu
images

Dinas P3AP2KB Pringsewu Ikuti Rakornas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

BANTEN – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Pringsewu mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Tangerang, Banten, Selasa(22/4). Pejabat Dinas P3AP2KB Pringsewu yang mengikuti kegiatan ini adalah Kasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Caridah S.I.Kom.

Rakornas yang mengangkat tema Mempercepat ‘Terwujudnya Kesejahteraan Perempuan dan Anak Indonesia Melalui Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 4.0’ ini dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise, berlangsung dari 22-26 April 2019.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal RI.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Menteri Keuangan RI yang juga turut memandu berlangsungnya acara dialog, dimana di acara tersebut diangkat topik
‘Kesetaraan Gender Dalam Memperkuat Perekonomian Sebuah Bangsa’.

Dalam upaya mencapai kesetaraan gender serta memberdayakan perempuan dan anak perempuan, menurutnya terdapat 5 target yaitu, masing-masing mengakhiri segala bentuk diskriminasi, menghapuskan segala bentuk kekerasan, menghapuskan semua praktek-praktek yang membahayakan, menyadari dan menghargai pelayanan dan pekerjaan, serta memastikan bahwa semua perempuan dapat berpartisipasi penuh dalam kehidupan berpolitik, sosial dan ekonomi. “Visi dari kelima tujuan pembangunan berkelanjutan ini sesuai dengan proses dan upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang tengah berjalan di Indonesia,” katanya.

Menkeu juga mengungkapkan bahwa di instansinya, para pekerja pria juga berhak memperoleh cuti 10 hari saat istrinya akan melahirkan. “Semoga kebijakan ini juga dapat dirasakan oleh bapak-bapak yang berada di Instansi lingkungan pemerintah daerah,” ujarnya, yang disambut applaus hadirin.

(© Dinas P3AP2KB Pringsewu / Anna Apollonia)