Dinas P3AP2KB Pringsewu
images

Dinas P3AP2KB Serahkan Bantuan PIK Jalur Pendidikan dan Masyarakat serta Sarana Kerja PLKB-PPKBD

PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Pringsewu menyerahkan bantuan hibah  kepada 10 kelompok PIK jalur pendidikan, serta 12 kelompok PIK jalur masyarakat se Kabupaten Pringsewu.
Penyerahan dilakukan oleh Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H. di kantornya, Kamis (23/8).
Bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Pringsewu 2018 melalui DPA Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu ini berupa paket permainan ular tangga dan monopoli GenRe, celemek organ reproduksi pria dan wanita, celemek GenRe, buku KIE, dan GenRe KIT, flasdisk, lembar balik GenRe, tas GenRe KIT, serta sarana pendukung GenRe KIT berupa laptop, LCD, dan layar proyektor.
Kelompok PIK jalur pendidikan yang memperoleh bantuan hibah tersebut, yakni 3 kelompok berasal dari perguruan tinggi,  3 kelompok dari SMA,  1 kelompok dari SMK, serta 3 kelompok berasal dari SMP.
Sedangkan kelompok PIK jalur masyarakat terdiri dari 4 kelompok berasal dari pekon, 4 kelompok dari kantor penyuluh KB, serta  4 kelompok masyarakat.
Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H. berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat memotivasi  kelompok baik PIK masyarakat maupun PIK jalur pendidikan, serta para penyuluh dan kader sebagai sarana KIE bagi siswa, guru, serta orang tua juga masyarakat. “Saya juga mengingatkan kelompok GenRe, untuk  selalu menjauhi perbuatan yang negatif, serta dapat mencari kegiatan yang positif, sesuai  motto remaja GenrRe,  yakni ‘Saatnya Yang Muda Yang Berencana,” kata Nazri, didampingi Sekretaris Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Dra.Apollonia Karwati.
Selain kepada kelompok PIK jalur pendidikan dan kelompok PIK jalur masyarakat, Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu juga memberikan bantuan sarana dan prasarana kerja kepada para penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB) dan PPKBD se Kabupaten Pringsewu, yang juga diserahkan langsung oleh Kadis P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H. di tempat yang sama, Jumat (24/8).
Bantuan untuk PLKB  terdiri dari tas ransel, jaket dan rompi, topi, buku kerja PLKB, buku visum, jas hujan, payung, sepatu kulit, seragam PDH, serta smartphone. Sedangkan bantuan bagi PPKBD yang berjumlah 131 orang, berupa paket sarana kerja, sama persis dengan PLKB, namun untuk smartphone diganti dengan kalkulator.
Menurut Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Nazri, S.H., dengan suksesnya program Keluarga Berencana, tentunya akan melahirkan keluarga yang berkualitas, sehingga berdampak pada bidang sosial dan ekonomi, mengingat antara penduduk  usia produktif (15 – 64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia non-produktif,  sehingga hal ini merupakan  suatu keuntungan tersendiri bagi negara,  sebagai batu loncatan untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
(© Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu/Anna Apollonia)