Dinas P3AP2KB Pringsewu
images

Dinas P3AP2KB Sertakan Forum Anak Kabupaten Pringsewu di Kegiatan Musrenbang RKPD 2019

PRINGSEWU – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pringsewu 2020 yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholders di Kabupaten Pringsewu sukses digelar beberapa waktu lalu di aula utama kantor sekretariat Pemkab Pringsewu.

Sebagai salah satu OPD, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Pringsewu juga mengikuti kegiatan tahunan yang dibuka oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi.

Berbeda dengan OPD lainnya, Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu juga mengikutsertakan Forum Anak Kabupaten Pringsewu, yang merupakan salah satu binaannya.

Di Musrenbang RKPD Kabupaten Pringsewu tersebut, Forum Anak Kabupaten Pringsewu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang telah melibatkan dan mengikut sertakan anak-anak, khususnya yang tergabung dalam Forum Anak Kabupaten Pringsewu di acara penting seperti Musrenbang RKPD tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Forum Anak Kabupaten Pringsewu menyampaikan sejumlah usulan kepada Pemkab Pringsewu, diantaranya adalah pembuatan Taman Literasi dan Taman Bermain.

Menurut pandangan Forum Anak Kabupaten Pringsewu, keberadaan Taman Literasi dan Taman Bermain dirasa sangat penting. Forum Anak juga menginginkan adanya sosialisasi bagi para orang tua tentang penggunaan Gadget di kalangan anak-anak. Terlebih, saat ini banyak orang tua yang membebaskan anak bermain dengan gadgetnya tanpa menyadari bahaya yang ditimbulkan.

Forum Anak Kabupaten Pringsewu juga menyoroti pemasangan iklan rokok di lokasi dekat sekolah. Serta kegiatan yang disponsori oleh produk rokok. Forum Anak meminta Pemkab Pringsewu untuk memperhatikan masalah ini sekaligus dapat meminimalisir iklan dan penggunaan sponsor dimaksud.

Terkait maraknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak, Forum Anak Kabupaten Pringsewu juga mengharapkan Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk menyediakan fasilitas dan pendampingan bagi korban.

Selain permasalahan anak-anak, Forum Anak Kabupaten Pringsewu juga menyampaikan usulan yang bersifat umum. Diantaranya adalah agar Pemerintah Kabupaten Pringsewu memperbanyak daerah resapan air.

Terlebih Pringsewu termasuk daerah yang dinilai rawan banjir sebagaimana yang terjadi beberapa waktu lalu. Dengan banyaknya daerah resapan air di Kabupaten Pringsewu, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir di daerah ini.

(©Dinas P3AP2KB / Anna Apollonia)