Dinas P3AP2KB Pringsewu
images

PEKON TANJUNGANOM KECAMATAN AMBARAWA RAIH JUARA PERTAMA LOMBA KESRAK PKK-KB-KESEHATAN TINGKAT KABUPATEN PRINGSEWU 2018

PRINGSEWU-Pekon Tanjunganom, Kecamatan Ambarawa berhasil meraih juara pertama Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Pringsewu tahun 2018, disusul Pekon Panggungrejo Utara, Kecamatan Sukoharjo sebagai juara dua, serta sebagai juara ketiga adalah pekon Bandung Baru Barat, Kecamatan Adiluwih.

Dengan demikian, Pekon Tanjunganom, berhak mewakili Kabupaten Pringsewu untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Lampung.

Hal tersebut berdasarkan penilaian secara langsung beberapa waktu lalu, yang dilakukan oleh tim penilai yang berasal dari TP-PKK Kabupaten Pringsewu untuk penilaian 10 Program Pokok PKK, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Pringsewu untuk  bidang Keluarga Berencana, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu untuk bidang Kesehatan pada sembilan pekon di sembilan kecamatan se Kabupaten Pringsewu, yakni Pekon Sumber Bandung Kecamatan Pagelaran Utara, Pekon Sumberrejo Kecamatan Pagelaran, Pekon Margakaya Kecamatan Pringsewu, Pekon Bandung Baru Barat Kecamatan Adiluwih, Pekon Banjarejo Kecamatan Banyumas, Pekon Tanjunganom Kecamatan Ambarawa, Pekon Rantautijang Kecamatan Pardasuka, Pekon Bulukarto Kecamatan Gadingrejo serta Pekon Panggungrejo Utara Kecamatan Sukoharjo.

Menurut Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Nazri,S.H., Senin(17/9), sebagai salah satu leading sektor, pihaknya juga telah melakukan penilaian yang mengacu pada beberapa indikator, terutama keberhasilan Kampung KB, yakni dengan menganalisis setiap data dan informasi KB, kesehatan reproduksi, keluarga sejahtera dan pembangunan  keluarga, kemudian tingkat kekerasan dalam rumah tangga, kesehatan masyarakat, kehidupan sosial ekonomi masyarakat, rata-rata lama sekolah anak usia sekolah, serta pemukiman lingkungan sanitasi masyarakat.

“Kami berharap dengan penilaian lomba tersebut, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat pekon, terutama melalui program KB dan pembangunan keluarga, serta pembangunan sektor lainnya,dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,”harapnya.

Ditambahkan Nazri, pihaknya juga berencana menggelar Workshop Kampung KB di aula utama kantor Sekretariat Pemkab Pringsewu pada tanggal 25 September 2018 mendatang, dengan menghadirkan narasumber dari BKKBN Provinsi Lampung. (©Dinas P3AP2KB Pringsewu/Anna Apollonia)