Dinas P3AP2KB Pringsewu
images

BUPATI PRINGSEWU NOMINATOR PENERIMA PENGHARGAAN SATYA LENCANA PEMBANGUNAN DARI PRESIDEN JOKOWI

PRINGSEWU – Bupati Pringsewu H.Sujadi menjadi nominator penerima penghargaan Satyalencana Pembangunan di bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2019.

Satya Lencana Pembangunan adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia kepada kepala daerah yang dinilai berhasil dalam membangun daerahnya.

Kaitan dengan masuknya Bupati Pringsewu sebagai salah satu kandidat penerima Satyalencana Pembangunan tersebut, tim yang terdiri dari sekretaris militer presiden melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Pringsewu dari 2-4 Mei 2019 lalu, dan diterima oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi beserta jajaran.

Menurut ketua tim Letkol Laut Imam Subekti, S.H, M.H., kunjungan ke Kabupaten Pringsewu ini adalah dalam rangka mengklarifikasi sekaligus melakukan pengecekan administrasi.
Dikatakan Imam, para penerima penghargaan Satyalencana Pembangunan ini akan diumumkan pada saat puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Bupati Pringsewu H.Sujadi pada kesempatan tersebut memaparkan mengenai program Kampung KB di Kabupaten Pringsewu, serta keberhasilan OPD setempat dalam menjalan tugas pokok dan fungsi, berikut dukungan APBD Kabupaten Pringsewu, utamanya terkait program KKBPK.

Seusai mendengarkan pemaparan Bupati Pringsewu, tim meninjau Balai Penyuluh KB Kecamatan Pringsewu, tempat pelayanan KB di Puskesmas Pringsewu, dan pusat pelayanan KB MKJP, dimana di masing-masing titik kunjungan tersebut, tim juga melakukan wawancara dengan petugas medis dan akseptor, cek data, dan mendengarkan penjelasan terkait program KKBPK.

Pada akhir kunjungan, tim berkesempatan mengunjungi Kampung KB Percontohan di Pekon Tanjunganom, Kecamatan Ambarawa.
Di sini, tim disambut dan diterima oleh camat setempat Moudy Ary Nazola, S.S.T.P. dan Kapekon Tanjunganom Muhyiddin, yang sekaligus mendampinginya meninjau Rumah Dataku Tanjunganom, UPPKS, tempat pembuatan makanan tradisional opak singkong, serta meninjau PIK masyarakat Tanjunganom dan menyaksikan aksi anak-anak PIK setempat beraksi.

Pada kunjungan ke Kabupaten Pringsewu ini, Letkol Laut Imam Subekti, S.H, M.H. beserta tim sebelumnya juga berkesempatan meninjau kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pringsewu, yang disambut oleh Kepala Dinas P3AP2KB Pringsewu H.Nazri, S.H. Sejumlah ruangan berikut data-data penting juga dilihat, bahkan berkesempatan pula melakukan penanaman pohon penghijauan di komplek kantor P3AP2KB Kabupaten Pringsewu.

(© Dinas P3AP2KB Pringsewu / Anna Apollonia)