Dinas P3AP2KB Pringsewu
images

Edukasi Protokol Covid 19 dan dan Pelayanan KB di Pekon Sidoharjo Kec.Pringsewu

Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu melakukan kegiatan Edukasi Protokol Covid 19 dan dan Pelayanan KB di Pekon Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu, senin 8 Mei 2020.

Pelayanan program Keluarga Berencana (KB) di seluruh Puskesmas Kabupaten Pringsewu tetap berjalan. Dalam pelayanan tersebut, petugas KB dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) dan mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.

Kepala Bidang Keluarga Berencana, Kesejahteraan, dan Ketahanan Keluarga (Bukhori, S.Pd) mengatakan untuk pelayanan KB momentum saat ini ditiadakan, sedangkan untuk pelayanan KB di Puskesmas tetap dilakukan, namun harus memakai kebijakan physical distancing di antara petugas dan akseptor.

“Akseptor pakai masker saat mau mengakses pelayanan KB. Kemudian, pemberi layanan, yakni bidan harus pakai APD lengkap untuk mencegah terinfeksi dari OTG (orang tanpa gejala). APD lengkap salah satunya diberikan face shield pada pemberi layanan, masker, dan baju hazmat penting dilakukan,” katanya.

Bukhori juga menegaskan dengan  adanya protokol penanganan COVID-19 tersebut, pemerintah bersama masyarakat bahu membahu membangun kerjasama yang kuat agar upaya pengendalian COVID-19 dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat tanpa menimbulkan kepanikan dan kebingungan masyarakat sekaligus melakukan pelayanan KB kepada masyarakat agar dapat terbantu dan kepesertaan ber-KB akan meningkat dan diharapkan target yang telah ditetapkan akan tercapai pada situasi saat ini.